Rabu, 17 Juni 2009

Suatu Pelajaran


hidup adalah sebuah pencarian. mencari jati diri, mencari kelayakan, mencari pasangan dan mencari kebutuhan. suatu pencarian takkan pernah berhenti arusnya ketika kebutuhan yang kita inginkan terpenuhi dan karena ambisi manusia yang secara nalurinya selalu ingin mencari, mencari, dan mencari sesuatu yang luar biasa besar di dunia sana. sesuatu yang alami bagi kita untuk mencari sesuatu demi kebutuhan dan kekurangannya.

tidak munafik jika aku sendiri adalah salah satu dari kalian yang dalam perjalanan pencarian. perjalanan yang dilalui ini tidaklah mudah dan pastinya tidak gampang. suatu kesabaran dan keyakinan mudah dikatakan tapi tidak untuk dilakukan karena kita memiliki keegoisan dan keidealisan untuk mendekati kesempurnaan sesuai dengan pola idaman kita.

aku memiliki keidealisan itu sendiri dalam bentuk gambaran harapan kedepanku. pencarian ini adalah seorang diri, tanpa pernah aku merasa yakin jika suara hatiku ini terdampar pun takkan bisa merasakan ketulusan dari waliku.

beberapa pencarian sudah kutemukan dan kulaksanakan, dan ini menyenangkan. pencarian yang memberi arah ingin seperti apa hidup ini kelak.
datangnya mungkin telat dari normalnya mereka tapi mendapatkan kesempatan ini membuka wacana kalau ini adalah awal dari beberapa jawabanku.

mereka adalah teman-teman pendamping penghiburku yang dengan keanekaragaman karakter dirinya telah mengajariku bahwa kepuasan bukanlah dari nominal yang didapat tapi memuaskan hati dari kebutuhan mereka yang melengkapi kebutuhanku sepenuhnya. kesadaranku bangkit oleh keikhlasannya menerima semua dariku bersama tindak tutur katanya yang kadang terhibur hingga tawa dan kehangatan dalam ruangan itu. terkadang penolakan kudapatkan juga. tapi kembali lagi pada kenyataan bahwa rasa sayangku pada mereka yang melengkapi pencarianku ini.

pelajaran keikhlasan dan kesabaran, bersyukur aku dilingkungan ini. pelajaran kesederhanaan ternyata adalah mahal, bersyukur aku dilingkungan ini. pelajaran mandiri dan kerja keras, serta menerima menunjukan bahwa aku menemukan jalur hidupku dan akan menjadi suatu perjuangan yang berat ke depan untuk bisa lepas dari jeratan para waliku yang terhormat agar bisa berdiri dan menyusun kepingan-kepingan masa depanku sendiri.

kita, para manusia, ada untuk berkarya dan menemukan kebahagian dalam keindahan idealis masing-masing dengan silahturahmi yang luas.

Tidak ada komentar: