Kamis, 20 Oktober 2011

Problem is Masalah......Masalah adalah Problem

Tidak ada satu pun manusia yg tidak memiliki masalah dan tidak seorang pun yang bisa menghindar dari masalah itu sendiri.
Masalah tidak selalu datang karena apa yang kita perbuat tapi masalah bisa datang melalui pihak kedua, ketiga, keempat...dan seterusnya. Bisa juga masalah datang karena kesialan belaka.
Karena masalah adalah suatu rangkaian yang penuh teka-teki untuk satu persatu dipecahkan.

Ternyata tanpa kita sadari masalah yang selalu datang bertubi-tubi pada kita dan membuat kepala sakit dan  stress karenanya bisa membuat kita menjadi pribadi yang berbeda sebelum masalah itu datang. Karena masalah tidak pernah menjadikan seseorang persis seperti sebelum ia menghadapi masalah.

Namun bila kita renungkan lagi bahwa semua yang ada di dunia ini tidak lepas dari hukum sebab akibat. Hidup selalu berjalan dinamis dan selalu berubah. Manusia yang berada didalamnya juga harus mau mengikuti perubahan itu. 
Demikian juga dengan masalah, masalah adalah suatu agen perubahan. Karena manusia untuk bisa berubah dia harus memiliki masalah.

Datangnya masalah bisa dijadikan moment evolusi kepribadian seseorang yang jika kuat menghadapinya maka akan meningkatkan derajat hidupnya lebih baik. Namun jika mentalnya lemah, maka derajat hidupnya akan lebih buruk.

Ibaratnya adalah masalah bagi manusia bagaikan pedang bermata dua; bisa menghancurkan atau memperberdayakan jiwa.

Tidak ada komentar: