Minggu, 23 November 2008

Anak-anak


Petikan dari Kahlil Gibran:
"...Berikan pada mereka cinta, tapi jangan pikiranmu, sebab mereka punya pikiran sendiri.
Berikan mereka rumah bagi tubuhnya, tapi bukan jiwanya. Sebab jiwa mereka tinggal di rumah masa depan, yang tidak dapat kau kunjungi meski dalam impian.
Engkau boleh menyerupai mereka, namun jangan paksa mereka menyerupaimu. Sebab kehidupan tak berjalan kebelakang, tidak juga tenggelam di masa silam..."

Ini adalah jawaban bagi seorang ibu dengan bayi dalam dekapannya yang menanyakan tentang anak-anak.

Kehidupan anak berawal dari penyatuan orang tua yang melahirkannya kedunia dengan suatu pengharapan agar hidupnya kelak lebih baik. Pengharapan yang normal dari semua orang tua di dunia kepada anaknya.
Kadang ada diantara mereka yang lupa bahwa kehidupan seorang anak tidak selamanya selalu berada dalam genggamannya. Kehidupan seorang anak akan terus berkembang dan perlahan akan menemui jalannya sendiri dan tanpa disadari oleh kedua orang tuannya bahwa anaknya telah dewasa untuk bisa memilih kehidupannya kedepan.
Kadang ada diantara mereka yang ketakutan kalau anak semata wayangnya akan mengalami kesusahan dan tak mampu menerima semua beban derita dunia di luar sana.
Tak tahukah mereka bahwa sikap mereka ini akan lebih mengecilkan dirinya sebagai seseorang yang tak mampu untuk belajar setiap kesalahan yang akan atau pernah dialaminya.
Tak tahukah mereka bahwa sikap mereka ini akan membuatnya tidak akan mengenal dirinya sendiri dan terus bergantung pada kedua orangtuanya.

Maaf...kita sebagai anak-anak punya suara sendiri untuk masa kini dan masa depan kami. Kita punya akal dan nurani untuk meyakini kehidupan ditangan dan langkah kita sendiri. Dan kita meyakini bahwa kasih sayang orang tua tidak akan pernah lepas dari hati kita.
...Kami anak-anakmu, kami darah dagingmu, kami harapanmu, tapi kami tetaplah kami yang mencari jawaban dengan cara kami...Kalian tetaplah pantau kami jika kami berjalan kearah yang salah, Kalian tetaplah berbuat bijak sebagai orang tua kami, kalian doakan kami agar kami bisa menjadi sesuatu yang baik untuk hidup tua kalian

...Kami ANAK_ANAK

Tidak ada komentar: